Monday, March 25, 2013

Sensasi dan Persepsi


Sensasi adalah proses menerima rangsangan dari lingkungan luar.
Rangsangan terdiri atas energi fisik seperti cahaya, suara, panas,dan lain-lain.
Rangsangan diterima oleh organ indra seperti mata, telinga, kulit, hidung, dan lidah.

Persepsi adalah proses mengatur dan mengartikan informasi untuk memberikan makna.
yang biasa kita sebut dengan 'pemikiran seseorang'.
kita hanya melihat apa yang kita fokuskan dan apa yang ada disekitarnya kita tidak melihat.

Contoh sensasi:
Dulu setiap saya pergi untuk membeli dvd game. saya melihat keseluruhan game yang ada di toko tersebut.
dan pandangan saya berhenti pada cover game yang bagus. karena suka melihat cover game yang bagus itu.
saya tidak menghiraukan game lain lagi.sebagai tahap awal, saya selalu melihat game dari kualitas cover yang ditunjukkan.
biarpun bagus tidaknya game tidak bisa dilihat hanya dari covernya. tetapi karena cover game itu bagus,
dengan tata letak yang baik, dan mata dimanjakan dengan kualitas cover.
secara perlahan menimbulkan rasa tertarik untuk membeli game tersebut.
biarpun pada akhirnya game tersebut mungkin tidak sebagus covernya.

Contoh persepsi:
Masih seputar game, Setiap orang memiliki kriteria game yang disukai. dulu disekolah, teman-teman saya menyukai game RTS,
sedangkan saya menyukai game RPG, bukan berarti saya tidak suka game dengan genre lain. Karena menurut saya game RPG lebih
memiliki tujuan yang pasti dalam game. tetapi karena mayoritas teman saya main game RTS karena bisa multiplayer,saya terpaksa
ikut main game RTS.

No comments:

Post a Comment